Zamzam Hotel
Bismillahirrohmanirrohiiim....
Temu blogger Malang hari Rabu, 22 Maret 2017 di Zamzam
Hotel dalam rangka mendukung kesuksesan program pemerintah kota Batu yang mencanangkan
diri sebagai Kota Wisata “Shining Batu”. Memenuhi undangan Zamzam Hotel yang
akan mengajak para blogger Malang untuk melakukan Tour.
Zamzam hotel yang berada di lingkungan KWB
tepatnya di Jl Abdul Gani Atas RT 04 RW 14 Kelurahan Ngaglik. Keberadaannya yang
diapit oleh Amarta Hill Hotel dan Kusuma Agrowisata Hotel tak membuat Zamzam
Hotel mati langkah dalam persaingan bisnis yang sehat dalam dunia pariwisata. Zamzam
Hotel adalah salah satu hotel bintang tiga yang telah mendapatkan pengakuan
dari LSU (Lembaga Sertifikasi Usaha) MTM pada tahun 2012, dimana sertifikasi
itu diajukan setelah 7 bulan beroperasi. Sertifikasi hanya berlaku untuk 3
tahun, dan telah diperbarui pada tahun 2015. Sehingga Zamzam Hotel dinyatakan
layak beroperasi hingga ditinjau kembali tahun 2018 nanti. Semoga langgeng
terus keberadaannya yaaaa....
Sungguh satu hal yang luar biasa, karena dengan
mengajukan diri untuk disertifikasi akan diperlukan banyak item yang menjadi
syarat agar sebuah hotel benar-benas sesuai dengan standar perhotelan yang
disyaratkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi P....) sehingga layak
beroperasi.
Sertifikasi usaha dibagi menjadi tiga standar
yakni: standar manajemen, standar kualitas produk, dan juga standar pelayanan. Maka
yakinlah bahwa Zamzam hotel adalah Hotel yang ramah lingkungan.
Gambar Plakat
Maka inilah pengalaman penulis dalam mengikuti
Tour Hotel Zamzam pada hari Rabu, 22 Maret 2017.
Sesuai dengan jadwal, acara di Zamzam Hotel akan
dimulai jam 12.00-13.00 untuk registrasi peserta Tour Hotel. Penulis berangkat
dari Singosarijam 11.30 WIB dengan memacu Honda Beat merah putih kesayangan. Sampai
disana pas waktu sholat Duhur, bersua dengan blogger mbak Eny Rahayu (Halo Mbak
Eny), Mas Henri (Maaf kalau salah sebut), dan Mas Heri yang sudah berada di
lokasi lebih dahulu. Maka kami pun menunggu.
Jam 12.00 kami masuk disambut resepsionis dan
menanyakan dimana kami bisa melaksanakan sholat Duhur. Dan luar biasa General
Manager Zamzam Hotel berkenan menemui kami secara langsung bahkan mengantar
kami menyusuri koridor Hotel menuju Masjid (dalam hati: “Baru kali ini tahu ada
Hotel punya masjid”).
Setelah dekat Masjid kami pun berterimakasih dan
mohon ijin untuk menunaikan sholat terlebih dahulu, sementara beliau kembali
sibuk dengan beberapa klien yang juga datang pada waktu yang sama.
Gambar Masjid
Selesai sholat Duhur, blogger lain mulai
berdatangan. Rasanya senang karena akan ada banyak kesempatan untuk kembali
mengasah kemampuan menulis yang lama tidur mendengkur, hehehe.
Selesai sholat ada pegawai hotel yang memandu kami
melakukan registrasi sekaligus makan siang di lantai tiga tepatnya di “Panderman
Restaurant”. Merasakan hawa sejuknya pegunungan membuat penulis menebarkan pandangan di sekeliling Restoran. Mata dimanjakan indahnya pemandangan di sekitar Zamzam Hotel.
Indonesian Food
Menu Maksi Penulis
Jam 13.00 WIB pihak Hotel mengajak kami menuju Wilis Meeting Room dengan kapasitas 50 orang. Presentasi dari pihak hotel pun dimulai
dengan dipandu oleh Mbak Putri selaku Sales Executive Zamzam Hotel didampingi oleh
Mas Asep selaku E-commerce Zamzam Hotel. Setelah dibuka Mbak Putri, maka General
Manager Zamzam Hotel Pak Hendra Rustiadi mengajak kami mengenal Zamzam Hotel
lebih dekat.
Suasana di Wilis Meeting Room
Penulis yang pengalamannya menginap di Hotel cuma seiprit merasa luar biasa berada diantara orang-orang keren. Mendengar cerita betapa kerennya Bapak Ir. Widagdo dan Ibu Sri Ribut Gestiani, sepasang suami istri yang mendirikan Zamzam Hotel tahun 2012. Mimpi beliau berdua untuk mewujudkan kawasan wisata keluarga di area seluas + 14.000 m2 diawali tahun 2005 dengan 3 unit Villa, 2 unit lapangan futsal, 12 private room karaoke, dilanjutkan dengan pembangunan hotel 3 lantai tahun 2012 yang merupakan pengembangan ide dan kreasi pendiri.
Dalam pembangunannya, beliau berdua terinspirasi
sumur Zamzam saat menjadi tamu Alloh di Mekkah. Filosofi air sebagai sumber
kehidupan menjadikan sebuah doa sekaligus harapan agar usaha yang beliau berdua
bangun bermanfaat bagi pemilik, karyawan dan keluarga, lingkungan masyarakat
sekitar, serta pemerintah kota Batu.
Memiliki visi “Ikut berpartisipasi membangun
kepariwisataan Kota Batu bersama stake holder pariwisata yang sudah ada dan
aktif mensukseskan program Pemerintah kota Batu”.
Sejalan dengan Visi, maka Misi Zamzam Hotel adalah
memberi manfaat bagi para karyawan dan keluarganya, serta dapat menjadi nilai
tambah bagi lingkungan Zamzam Hotel berada.
Beroperasi dibawah bendera PT ZAMZAM SELOMAS GROUP, Manajemen Zamzam Hotel dengan SDM yang berpengalaman di bidang perhotelan terus
berupaya melakukan inovasi dan pelayanan all
in yang ramah terhadap konsumen. Memanjakan pengunjung dengan slogan “Bersih,
Segar, Harum” membuat menarik untuk diulas ketika para blogger diajak
berjalan-jalan mengelilingi hotel.
Dipandu Pak Bambang Sutrisno selaku Senior Sales Executive maka Tour Hotel
dimulai.
Menuruni tangga menuju lobby, kami pun mulai
mengenal pelayanan yang diberikan Zamzam Hotel kepada pengunjung.
Let’s see....
Memasuki kawasan hotel, maka pengunjung akan
menemukan lahan parkir yang cukup luas dan lega. Menikmati udara Kota Batu yang
segar akan membuat pengunjung merasa fresh saat memasuki lobby hotel. Ada minuman
selamat datang yang bisa dinikmati pengunjung sambil menunggu reservasi
sekaligus check in.
Wellcome Drink
Menikmati ornamen bernuansa etnik membuat siapa
pun merasa kerasan disana, diiringi musik tradisional membuat pengunjung merasa
relaks. Tinggal lobby mana yang kita pilih untuk menunggu.
Menyusuri koridor hotel dengan lebar 1,8m masih
terasa lega saat berjalan ramai-ramai ataupun berpapasan dengan pengunjung
lain.
Kami menuju dapur, tempat dimana semua olahan makanan berasal.
Kami menuju dapur, tempat dimana semua olahan makanan berasal.
Menerapkan konsep ramah lingkungan membuat
manajemen Zamzam Hotel sangat berhati-hati dalam pengolahannya. Semua persediaan
bahan makanan yang akan masuk dapur dibersihkan terlebih dahulu
tempat mencuci sayur dan bahan mentah
lain
Kemudian membawa masuk bahan untuk masuk dalam
gudang. Proses pengolahan makanan yang ada disesuaikan dengan jadwal menu yang
tertata dengan sajian menu Indonesian
food, chinesse food, dan western food.
Menu alaket disajikan di restoran, menu blanket untuk prasmanan, dan menu breakfast yang diolah dapur setiap hari sesuai jadwal dan disesuaikan dengan jumlah pengunjung.
Melihat sanitasi yang diterapkan membuat kami
yakin bahwa Zamzam Hotel adalah Hotel yang ramah lingkungan. Dan saat
mendengarkan kepala Chef mengatakan bahwa semua olahan non MSG membuat kami
merekomendasikan bagi para pengunjung yang memang concern dalam menjaga
kesehatan.
Selesai dari dapur kami menuju masjid.
Dan sekali lagi WOW! Masjid Hotel Zamzam bisa
diakses warga sekitar, menjadi tempat melaksanakan sholat Jumat dan
menyelenggarakan tarawih saat bulan Ramadhan. Membuat saya merasa bahwa hotel
ini Highly recomended untuk para
muslim muslimah yang sedang berwisata di kota Batu.
Setelah dari masjid kami mulai mengintip room
service.
Zamzam Hotel memiliki 76 kamar dengan 7 tipe
tersedia, yakni:
No Room Type PAX Weekdays Weekend Luas Kamar
1 Superior 2 775.000 875.000 35
m2
2 Deluxe 2 845.000 945.000 40 m2
3 Eksekutif 2 1.070.000 1.220.000 48 m2
4 Junior
Suite 2 1.400.000 1.550.000 53 m2
5 Deluxe
Suite 2 1.650.000 1.750000 64 m2
6 Family
Standart 4 1.950.000 2.150.000 62 m2
7 Family
Deluxe 4 2.200.000 2.400.000 62 m2
Jangan khawatir masalah fasilitas kamar yang didapat, semua sama, hanya tingkat kenyamanan pengunjung jelas berbeda. adapun fasilitas kamar yang didapatkan pengunjung antara lain adalah LED TV 32 inch, Deposit Box untuk
menyimpan barang berharga anda, AC, Heater untuk membuat Kopi/Teh, Mini bar.
Selain itu anda juga bisa meminta kepada front desk untuk meminjamkan hair
dryer jika anda membutuhkannya.
Sedangkan untuk Fasilitas lainnya yang bisa anda dapatkan
ketika menginap di Zam Zam Hotel and Convention antara lain adalah:
Free Wifi di setiap area hotel
Tempat Parkir yang luas dan aman
Guest lift
Laundry Service
Airport service
Kolam renang anak dan dewasa
Karaoke Room
Indoor Futsal
dan masih banyak lainnya
Menuju kamar 103 dengan kategori Deluxe
Menuju kamar 106 dengan kategori Superior
Menurut pihak manajemen, kamar ini menjadi primadona karena yang menjadi daya tarik tercesar adalah view yang akan didapatkan pengunjung. Just take a look....
Menurut pihak manajemen, kamar ini menjadi primadona karena yang menjadi daya tarik tercesar adalah view yang akan didapatkan pengunjung. Just take a look....
Menuju kamar 201 dengan kategori Deluxe Suite
Menuju kamar 215 dengan kategori Family Deluxe
Memiliki empat ruang pertemuan dengan 3 Meeting
Room Wilis (lantai 2), Semeru dan Arjuna (lantai 4) dengan kapasitas
masing-masing 50 orang, dan 1 Hall Bromo (lantai 3 bersebelahan dengan
Panderman Restaurant) dengan kapasitas 200 orang untuk round table dan 300
orang untuk theater.
Bagi pengunjung yang menyenangi olahraga bisa
memakai tangga yang memiliki ornamen-ornamen cantik saat berpindah lantai. Namun
bagi yang diburu waktu dapat memanfaatkan lift hotel.
Saat membutuhkan untuk menjaga kebugaran badan,
ada swimmingpool untuk anak dan dewasa.
Dan saat ini Zamzam Hotel masih terus berbenah
untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengunjung.
Selesai Tour kami kembali ke Wilis Meeting Room
untuk berdiskusi. Dan mengalirlah dialog bahwa CSR Hotel memiliki program
santunan bagi masyarakat yang kurang mampu. Memberikan ruang bagi UMKM untuk
mempromosikan karyanya di Booth yang disediakan pihak Hotel. Dan sekarang lebih
concern untuk turut serta membangun UMKM di masyarakat sekitar.
Zamzam Hotel juga bekerjasama dengan berbagai
pihak termasuk dengan dunia pendidikan yang membuka peluang selebar-lebarnya
anak SMK atau mahasiswa perhotelan untuk magang disana.
Dan diskusi yang begitu hangat dengan GM diakhiri
dengan pembagian doorprize bagi blogger yang terlibat aktif saat diskusi. Dilanjut
dengan do’a oleh Pak Sugeng. Blogger Malang foto bersama, dan kami pun pulang
untuk melanjutkan aktivitas masing-masing.
Rasanya zamzam Hotel memang highly recomended bagi
yang ingin berlibur dan menikmati liburannya.
Catatan kecil yang sedikit mendapat perhatian
adalah saat penulis mencari Zamzam Hotel. Sebelum belokan Agrokusuma, kita akan
masuk jalan sedikit bergelombang karena kerusakan yang lumayan. Anggap saja
pengunjung sedang melakukan pemijatan saat perjalanan. Semoga catatan kecil ini
membuat melek pemerintah KWB untuk segera memperbaikinya demi kemajuan dunia
pariwisata yang menjadi trademark Kota Batu.
Maka, anda mau reservasi?
Hubungi ZAMZAM Hotel & Convention
Telp. 0341-591148, 591149
Fax 0341-591150
7 Komentar
Subhanallah.. Hotelnya bersih banget ya
BalasHapusHotelnya bner2 bersih nehh. Asri juga karena banyak tanaman dmn2
BalasHapusTiap kamar model ranjanfnya beda2bya mbk. Plus kamarnya luaaas dn bersih
BalasHapusKamar dengan dua ranjang, sepertinya cocok jika dibuat nginap bareng keluarga. :D Ranjang satunya buat anak-anak.
BalasHapusHai juga mbak mora, hehehe... senang deh bisa kopdar di hotel. Eh, makin liat nih hotel makin mupeng aja pengen nginap disanah.
BalasHapusWah asik bisa ada bayangan kalo mau nginap disana
BalasHapusWah bisa buat referensi buat tempat menginap berikutnya nih. Oh yah, untuk teman-teman yang ingin mencari tempat untuk guest post bisa banget loh, di web kami Yoexplore . co . id
BalasHapus