Zamzam Hotel



Zamzam Hotel
“Bersih, Segar, Harum, dan Ramah Lingkungan”

Bismillahirrohmanirrohiiim....
Temu blogger Malang hari Rabu, 22 Maret 2017 di Zamzam Hotel dalam rangka mendukung kesuksesan program pemerintah kota Batu yang mencanangkan diri sebagai Kota Wisata “Shining Batu”. Memenuhi undangan Zamzam Hotel yang akan mengajak para blogger Malang untuk melakukan Tour.
Zamzam hotel yang berada di lingkungan KWB tepatnya di Jl Abdul Gani Atas RT 04 RW 14 Kelurahan Ngaglik. Keberadaannya yang diapit oleh Amarta Hill Hotel dan Kusuma Agrowisata Hotel tak membuat Zamzam Hotel mati langkah dalam persaingan bisnis yang sehat dalam dunia pariwisata. Zamzam Hotel adalah salah satu hotel bintang tiga yang telah mendapatkan pengakuan dari LSU (Lembaga Sertifikasi Usaha) MTM pada tahun 2012, dimana sertifikasi itu diajukan setelah 7 bulan beroperasi. Sertifikasi hanya berlaku untuk 3 tahun, dan telah diperbarui pada tahun 2015. Sehingga Zamzam Hotel dinyatakan layak beroperasi hingga ditinjau kembali tahun 2018 nanti. Semoga langgeng terus keberadaannya yaaaa....
Sungguh satu hal yang luar biasa, karena dengan mengajukan diri untuk disertifikasi akan diperlukan banyak item yang menjadi syarat agar sebuah hotel benar-benas sesuai dengan standar perhotelan yang disyaratkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi P....) sehingga layak beroperasi.
Sertifikasi usaha dibagi menjadi tiga standar yakni: standar manajemen, standar kualitas produk, dan juga standar pelayanan. Maka yakinlah bahwa Zamzam hotel adalah Hotel yang ramah lingkungan.

 Gambar Plakat
Maka inilah pengalaman penulis dalam mengikuti Tour Hotel Zamzam pada hari Rabu, 22 Maret 2017.
Sesuai dengan jadwal, acara di Zamzam Hotel akan dimulai jam 12.00-13.00 untuk registrasi peserta Tour Hotel. Penulis berangkat dari Singosarijam 11.30 WIB dengan memacu Honda Beat merah putih kesayangan. Sampai disana pas waktu sholat Duhur, bersua dengan blogger mbak Eny Rahayu (Halo Mbak Eny), Mas Henri (Maaf kalau salah sebut), dan Mas Heri yang sudah berada di lokasi lebih dahulu. Maka kami pun menunggu.
Jam 12.00 kami masuk disambut resepsionis dan menanyakan dimana kami bisa melaksanakan sholat Duhur. Dan luar biasa General Manager Zamzam Hotel berkenan menemui kami secara langsung bahkan mengantar kami menyusuri koridor Hotel menuju Masjid (dalam hati: “Baru kali ini tahu ada Hotel punya masjid”).
Setelah dekat Masjid kami pun berterimakasih dan mohon ijin untuk menunaikan sholat terlebih dahulu, sementara beliau kembali sibuk dengan beberapa klien yang juga datang pada waktu yang sama.

Gambar Masjid
Selesai sholat Duhur, blogger lain mulai berdatangan. Rasanya senang karena akan ada banyak kesempatan untuk kembali mengasah kemampuan menulis yang lama tidur mendengkur, hehehe.
Selesai sholat ada pegawai hotel yang memandu kami melakukan registrasi sekaligus makan siang di lantai tiga tepatnya di “Panderman Restaurant”. Merasakan hawa sejuknya pegunungan membuat penulis menebarkan pandangan di sekeliling Restoran. Mata dimanjakan indahnya pemandangan di sekitar Zamzam Hotel.



Maka setelah kami registrasi

Mbak Eny sedang registrasi


Taraaa makan siang lezat telah menanti.

Indonesian Food

 Menu Maksi Penulis
Jam 13.00 WIB pihak Hotel mengajak kami menuju Wilis Meeting Room dengan kapasitas 50 orang. Presentasi dari pihak hotel pun dimulai dengan dipandu oleh Mbak Putri selaku Sales Executive Zamzam Hotel didampingi oleh Mas Asep selaku E-commerce Zamzam Hotel. Setelah dibuka Mbak Putri, maka General Manager Zamzam Hotel Pak Hendra Rustiadi mengajak kami mengenal Zamzam Hotel lebih dekat.
Suasana di Wilis Meeting Room

Penulis yang pengalamannya menginap di Hotel cuma seiprit merasa luar biasa berada diantara orang-orang keren. Mendengar cerita betapa kerennya Bapak Ir. Widagdo dan Ibu Sri Ribut Gestiani, sepasang suami istri yang mendirikan Zamzam Hotel tahun 2012. Mimpi beliau berdua untuk mewujudkan kawasan wisata keluarga di area seluas + 14.000 m2 diawali tahun 2005 dengan 3 unit Villa, 2 unit lapangan futsal, 12 private room karaoke, dilanjutkan dengan pembangunan hotel 3 lantai tahun 2012 yang merupakan pengembangan ide dan kreasi pendiri.
Dalam pembangunannya, beliau berdua terinspirasi sumur Zamzam saat menjadi tamu Alloh di Mekkah. Filosofi air sebagai sumber kehidupan menjadikan sebuah doa sekaligus harapan agar usaha yang beliau berdua bangun bermanfaat bagi pemilik, karyawan dan keluarga, lingkungan masyarakat sekitar, serta pemerintah kota Batu.
Memiliki visi “Ikut berpartisipasi membangun kepariwisataan Kota Batu bersama stake holder pariwisata yang sudah ada dan aktif mensukseskan program Pemerintah kota Batu”.
Sejalan dengan Visi, maka Misi Zamzam Hotel adalah memberi manfaat bagi para karyawan dan keluarganya, serta dapat menjadi nilai tambah bagi lingkungan Zamzam Hotel berada.
Beroperasi dibawah bendera PT ZAMZAM SELOMAS GROUP, Manajemen Zamzam Hotel dengan SDM yang berpengalaman di bidang perhotelan terus berupaya melakukan inovasi dan pelayanan all in yang ramah terhadap konsumen. Memanjakan pengunjung dengan slogan “Bersih, Segar, Harum” membuat menarik untuk diulas ketika para blogger diajak berjalan-jalan mengelilingi hotel.
Dipandu Pak Bambang Sutrisno selaku Senior Sales Executive maka Tour Hotel dimulai.
Menuruni tangga menuju lobby, kami pun mulai mengenal pelayanan yang diberikan Zamzam Hotel kepada pengunjung.
Let’s see....
Memasuki kawasan hotel, maka pengunjung akan menemukan lahan parkir yang cukup luas dan lega. Menikmati udara Kota Batu yang segar akan membuat pengunjung merasa fresh saat memasuki lobby hotel. Ada minuman selamat datang yang bisa dinikmati pengunjung sambil menunggu reservasi sekaligus check in.
Wellcome Drink
Menikmati ornamen bernuansa etnik membuat siapa pun merasa kerasan disana, diiringi musik tradisional membuat pengunjung merasa relaks. Tinggal lobby mana yang kita pilih untuk menunggu.
Lobby


Menyusuri koridor hotel dengan lebar 1,8m masih terasa lega saat berjalan ramai-ramai ataupun berpapasan dengan pengunjung lain. 



Kami menuju dapur, tempat dimana semua olahan makanan berasal.
Menerapkan konsep ramah lingkungan membuat manajemen Zamzam Hotel sangat berhati-hati dalam pengolahannya. Semua persediaan bahan makanan yang akan masuk dapur dibersihkan terlebih dahulu
tempat mencuci sayur dan bahan mentah lain
Kemudian membawa masuk bahan untuk masuk dalam gudang. Proses pengolahan makanan yang ada disesuaikan dengan jadwal menu yang tertata dengan sajian menu Indonesian food, chinesse food, dan western food.



Menu alaket disajikan di restoran, menu blanket untuk prasmanan, dan menu breakfast yang diolah dapur setiap hari sesuai jadwal dan disesuaikan dengan jumlah pengunjung.
Melihat sanitasi yang diterapkan membuat kami yakin bahwa Zamzam Hotel adalah Hotel yang ramah lingkungan. Dan saat mendengarkan kepala Chef mengatakan bahwa semua olahan non MSG membuat kami merekomendasikan bagi para pengunjung yang memang concern dalam menjaga kesehatan.
Selesai dari dapur kami menuju masjid.
Dan sekali lagi WOW! Masjid Hotel Zamzam bisa diakses warga sekitar, menjadi tempat melaksanakan sholat Jumat dan menyelenggarakan tarawih saat bulan Ramadhan. Membuat saya merasa bahwa hotel ini Highly recomended untuk para muslim muslimah yang sedang berwisata di kota Batu.
Setelah dari masjid kami mulai mengintip room service.
Zamzam Hotel memiliki 76 kamar dengan 7 tipe tersedia, yakni:

No          Room Type             PAX          Weekdays               Weekend            Luas Kamar

1              Superior                   2                 775.000                875.000              35 m2
2              Deluxe                     2                 845.000                 945.000              40 m2
3              Eksekutif                  2               1.070.000             1.220.000              48 m2
4              Junior Suite              2              1.400.000             1.550.000               53 m2
5              Deluxe Suite             2              1.650.000             1.750000                64 m2
6              Family Standart        4              1.950.000             2.150.000               62 m2
7              Family Deluxe          4              2.200.000             2.400.000               62 m2
Jangan khawatir masalah fasilitas kamar yang didapat, semua sama, hanya tingkat kenyamanan pengunjung jelas berbeda. adapun fasilitas kamar yang didapatkan pengunjung antara lain adalah LED TV 32 inch, Deposit Box untuk menyimpan barang berharga anda, AC, Heater untuk membuat Kopi/Teh, Mini bar. Selain itu anda juga bisa meminta kepada front desk untuk meminjamkan hair dryer jika anda membutuhkannya.


Sedangkan untuk Fasilitas lainnya yang bisa anda dapatkan ketika menginap di Zam Zam Hotel and Convention antara lain adalah:

Free Wifi di setiap area hotel
Tempat Parkir yang luas dan aman
Guest lift
Laundry Service
Airport service
Kolam renang anak dan dewasa
Karaoke Room
Indoor Futsal
dan masih banyak lainnya



Menuju kamar 103 dengan kategori Deluxe  

Menuju kamar 104 dengan kategori Junior Suite

Menuju kamar 106 dengan kategori Superior

Menurut pihak manajemen, kamar ini menjadi primadona karena yang menjadi daya tarik tercesar adalah view yang akan didapatkan pengunjung. Just take a look....


Menuju kamar 115 dengan kategori Executive
Menuju kamar 201 dengan kategori Deluxe Suite

Menuju kamar 215 dengan kategori Family Deluxe

Memiliki empat ruang pertemuan dengan 3 Meeting Room Wilis (lantai 2), Semeru dan Arjuna (lantai 4) dengan kapasitas masing-masing 50 orang, dan 1 Hall Bromo (lantai 3 bersebelahan dengan Panderman Restaurant) dengan kapasitas 200 orang untuk round table dan 300 orang untuk theater.
Bagi pengunjung yang menyenangi olahraga bisa memakai tangga yang memiliki ornamen-ornamen cantik saat berpindah lantai. Namun bagi yang diburu waktu dapat memanfaatkan lift hotel.
Saat membutuhkan untuk menjaga kebugaran badan, ada swimmingpool untuk anak dan dewasa.

Dan saat ini Zamzam Hotel masih terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengunjung.
Selesai Tour kami kembali ke Wilis Meeting Room untuk berdiskusi. Dan mengalirlah dialog bahwa CSR Hotel memiliki program santunan bagi masyarakat yang kurang mampu. Memberikan ruang bagi UMKM untuk mempromosikan karyanya di Booth yang disediakan pihak Hotel. Dan sekarang lebih concern untuk turut serta membangun UMKM di masyarakat sekitar.
Zamzam Hotel juga bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan dunia pendidikan yang membuka peluang selebar-lebarnya anak SMK atau mahasiswa perhotelan untuk magang disana.
Dan diskusi yang begitu hangat dengan GM diakhiri dengan pembagian doorprize bagi blogger yang terlibat aktif saat diskusi. Dilanjut dengan do’a oleh Pak Sugeng. Blogger Malang foto bersama, dan kami pun pulang untuk melanjutkan aktivitas masing-masing.
Rasanya zamzam Hotel memang highly recomended bagi yang ingin berlibur dan menikmati liburannya.
Catatan kecil yang sedikit mendapat perhatian adalah saat penulis mencari Zamzam Hotel. Sebelum belokan Agrokusuma, kita akan masuk jalan sedikit bergelombang karena kerusakan yang lumayan. Anggap saja pengunjung sedang melakukan pemijatan saat perjalanan. Semoga catatan kecil ini membuat melek pemerintah KWB untuk segera memperbaikinya demi kemajuan dunia pariwisata yang menjadi trademark Kota Batu.


Maka, anda mau reservasi?
Hubungi ZAMZAM Hotel & Convention
Telp. 0341-591148, 591149
Fax 0341-591150





Posting Komentar

7 Komentar

  1. Subhanallah.. Hotelnya bersih banget ya

    BalasHapus
  2. Hotelnya bner2 bersih nehh. Asri juga karena banyak tanaman dmn2

    BalasHapus
  3. Tiap kamar model ranjanfnya beda2bya mbk. Plus kamarnya luaaas dn bersih

    BalasHapus
  4. Kamar dengan dua ranjang, sepertinya cocok jika dibuat nginap bareng keluarga. :D Ranjang satunya buat anak-anak.

    BalasHapus
  5. Hai juga mbak mora, hehehe... senang deh bisa kopdar di hotel. Eh, makin liat nih hotel makin mupeng aja pengen nginap disanah.

    BalasHapus
  6. Wah asik bisa ada bayangan kalo mau nginap disana

    BalasHapus
  7. Wah bisa buat referensi buat tempat menginap berikutnya nih. Oh yah, untuk teman-teman yang ingin mencari tempat untuk guest post bisa banget loh, di web kami Yoexplore . co . id

    BalasHapus